Berita Dunia Islami Masa Kini Update Selalu

loading...
Monday, 22 February 2016

Ini Adab Masuk dan Keluar Masjid menurut Ajaran Rasulullah SAW!

Adab Masuk dan Keluar Masjid – Masjid merupakan tempat suci yang digunakan oleh umat Islam untuk beribadah. Karena digunakan untuk ibadah kepada Allah SWT, sudah sepatutnya setiap orang yang masuk ke dalam Masjid berlaku sopan dan tidak sembarangan. Hal ini perlu dilakukan agar aktivitas ibadah yang dilakukan di Masjid menjadi terasa lebih nyaman dan terbebas dari berbagai macam gangguan yang mungkin timbul.

Rasulullah SAW sendiri mengajarkan umatnya untuk mengikuti beberapa adab masuk dan keluar Masjid berikut ini:

Adab Masuk dan Keluar Masjid

Tata Cara dan Adab Masuk dan Keluar Masjid

Mendahulukan Kaki Kanan
Sama seperti halnya ketika sedang melakukan aktivitas atau pun perbuatan baik yang lainnya, ketika memasuki masjid, hendaknya kita mendahulukan kaki kanan dibandingkan dengan kaki kiri. Hal ini senada dengan Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA yang artinya : “Termasuk ajaran Nabi Muhammad SAW, ketika Anda masuk Masjid, Anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar, mendahulukan kaki kiri.” (H.R. Hakim yang telah dishahihkan oleh Ad-Dzhabi.

Membaca Do’a Masuk Masjid
Tidak hanya harus masuk dengan didahului oleh kaki sebelah kanan, ketika memasuki masjid, umat Islam juga dianjurkan untuk memaca lafadz doa masuk masjid yaitu : ‘Allahumaftahlii abwaaba rahmatik’ yang artinya “ya Allah, buka lah pintu – pintru rahmat-Mu”. Hal ini senada dengan salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya : “Jika salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’. Jika keluar dari masjid, ucapkan lah : ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’. (H.R. Muslim No. 713).

Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid
Setelah berada di dalam masjid, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunah sebanyak dua rakaat. Shalat sunah ini disebut dengan shalat Tahiyatul Masjid. Shalat sunah Tahiyatul Masjid dilakukan ketika kita baru sampai di dalam masjid sebelum duduk. Oleh karena itu, sebelum kita memasuki masjid, kita harus memastikan bahwa tubuh kita benar – benar suci dan terbebas dari berbagai macam najis.

Berdoa Ketika Keluar Sembari Mendahulukan Kaki Kiri
Sama seperti halnya ketika memasuki masjid, ketika keluar masjid umat Islam juga dianjurkan untuk membaca lafadz doa keluar masjid yaitu ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’, yang artinya “Ya Allah, Aku Meminta karunia dari – Mu.” Tidak hanya itu, saat keluar masjid, kita juga disarankan untuk mendahulukan kaki sebelah kiri.

Etika Di Dalam Masjid

Selain dianjurkan untuk menjalankan adab masuk dan keluar masjid di atas, umat Islam juga dianjurkan untuk menjalankan beberapa etika dasar ketika sedang berada di dalam Masjid berikut ini :

Mengenakan Pakaian yang Sopan dan Bersih
Sebelum kita memasuki masjid, pastikan terlebih dahulu jika kita telah mengenakan pakaian yang sopan dan juga bersih dari berbagai macam nazis.

Berjalan dengan Sopan dan Tenang
Ketika sudah berada di dalam masjid, usahakan untuk berjalan dengan sopan, tenang, dan tidak tergesa – gesa agar tidak menggangu orang lainnya yang juga sedang berada di dalam masjid.

Menunggu Waktu Shalat dengan Berdzikir
Ketika sedang berada di dalam masjid untuk menunggu masuk waktu shalat, kita dianjurkan untuk berdzikir kepada Allah.

Tidak Bercakap – cakap di Dalam Masjid
Untuk menjaga ketenangan dan kekhidmatan masjid, kita sebaiknya tidak bercakap – cakap dengan orang lain yang juga sedang berada di dalam masjid.
Baca juga: Motivasi : Kisah nabi muhammad
Itulah beberapa tata cara dan adab masuk dan keluar Masjid. Semoga bermanfaat ya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Adab Masuk dan Keluar Masjid menurut Ajaran Rasulullah SAW!

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum ..
    Salam kenal ..
    Kalau boleh tau adminnya blog ini siapa ya..?
    wassalam..

    ReplyDelete