Berita Dunia Islami Masa Kini Update Selalu

loading...
Monday, 11 January 2016

Long Distance Relationship Menurut Islam

Long Distance Relationship Menurut Islam - Hubungan jarak jauh atau yang saat ini terkenal dengan nama Long Distance Relationship (LDR) memang saat ini tengah popular-populernya dan mungkin banyak orang yang harus menjalani hubungan tersebut karena suatu keadaan dan juga keterpaksaan. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang hukum hubungan jarak jauh atau long distance relationship menurut pandangan islam. Namun hal ini tidak mencakup orang yang masih berpacaran ataupun belum sah menjadi suami istri. Hal itu karena di dalam islam tidak diperbolehkan berpacaran karena akan mengundang dosa bagi mereka yang menjalaninya.

Pernikahan setajinya memang bersatunya antara dua manusia yang diciptakan untuk saling berpasang-pasangan yakni seorang laki-laki dan perempuan untuk berkeluarga dan juga menjalani perintah-perintah allah. Memang sejak awal menjalani suatu kehidupan berkeluarga di dalam hubungan pernikahan, banyak “pekerjaan rumah” yang harus dijalani oleh mereka baik itu kaum adam maupun kaum hawa. Tetapi bagaimana jika suami harus menghidupi keluarganya dengan bekerja di luar kota? Dalam hal ini memang keputusan, keridhoan, dan juga kesadaran dari seorang istri juga sangat penting, apakah ia rela pasangannya (suami) tersebut pergi jauh meninggalkan dirinya ataukah tidak. Hal inilah yang juga harus dipikirkan terlebih dahulu oleh kehidupan berkeluarga. Seorang suami dalam mengambil keputusan juga harus memahami bagaiamana pikiran dari pasangannya, dan begitu sebaliknya.

Long Distance Relationship Menurut Islam
Hal itu karena memang tujuan pernikahan dalam islam itu selain mempersatukan kedua makhluk allah yang memang diciptakan untuk saling berpasang-pasangan, juga bertujuan untuk menciptakan rasa aman, nyaman, dan yang pasti rasa saling percaya antara suami dan juga istri tersebut. Karena memang dengan adanya rasa saling percaya akan menimbulkan keharmonisan tingkat tinggi yang ada di dalam kehidupan berkeluarga tersebut. Namun dalam hal ini sikap seorang suami terhadap istrinya juga penting, karena suami harus memberikan rasa nyaman dan juga aman kepada istrinya meskipun ia tinggal jauh dari istrinya. Hal itu telah disampaikan di dalam firman allah yang berbunyi “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar Rum : 21).

Sebenarnya kebersamaan suami dan juga istri di dalam satu rumah memang sangat penting adanya karena hal itulah yang bisa memberikan rasa aman, nyaman, dan juga tentram di dalam keharmonisan suatu kehidupan berkeluarga. Namun jika dalam suatu keadaan memang haruslah menjalani hubungan jarak jauh, seorang istri juga harus meridhoi suaminya agar membawa rasa nyaman dan juga aman di hati mereka masing-masing. Tidaklah diperbolehkan diantara mereka ada yang tidak ikhlas harus menjalani hubungan jarak jauh.

Namun meskipun mereka sudah ridho menjalani hubungan jarak jauh. Suami juga harus memahami dan juga harus memberikan waktu untuk bertemu dengan istrinya. Suatu pasangan tidak boleh tidak bertemu sama sekali dengan pasangannya dalam kurun waktu yang begitu lama. Setidaknya mereka harus bertemu dalam kurun waktu paling lama 6 bulan sekali. Karena batas waktu itulah yang merupakan waktu maksimum untuk seorang istri dapat bertahan dalam perpisahan bersama suaminya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasangan suami istri dalam menjalani hubungan jarak jauhnya, yaitu :
  • Ridha dan Ikhlas
  • Sesering mungkin suami menjenguk istrinya
  • Tidak melebihi batas maksimum berpisah sebagai seorang suami istri, yaitu 4 bulan. Namun jika dalam keadaan darurat diperbolehkan 6 bulan.
  • Berhati-hati dengan hasutan dunia luar dan juga lingkungan
  • Sebaiknya seorang istri ikut suami dimanapun mereka berada
Itulah informasi dari kami terkait hubungan pacaran jarak jauh ataupun long distance relationship menurut pandangan islam dan juga anjuran dari agama islam. Intinya dalam menjalani hubungan jarak jauh seorang pasangan baik itu suami maupun istri harus memperhatikan kelima hal yang sudah kami sebutkan di atas. Karena dengan hal itulah diharapkan akan memberikan rasa keharmonisan di dalam kehidupan berumah tangga. Jangan lupa simak juga: 6 Karakter Wanita Yang Tidak Layak Dijadikan Istri Menurut Pandangan Islam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Long Distance Relationship Menurut Islam

0 komentar:

Post a Comment