Berita Dunia Islami Masa Kini Update Selalu

loading...
Wednesday, 27 January 2016

Adakah Amalan yang Lebih Utama dari Amalan Shalat, Puasa, dan Sedekah?

Amalan yang Lebih Utama dari Amalan Shalat – Selama ini banyak umat Islam yang menganggap bahwa amalan yang paling besar ganjaran pahalanya adalah amalan – amalan wajib seperti Shalat, Puasa, dan juga Zakat. Padahal, anggapan ini tidak benar adanya. Di atas tiga amalan wajib tersebut ternyata masih ada amalan – amalan lainnya yang memiliki ganjaran pahala yang jauh lebih besar. Lantas amalan apakah itu yang nilai ganjaran pahalanya jauh lebih besar dibandingkan dengan amalan – amalan wajib?

Amalan yang Lebih Utama dari Shalat, Puasa, dan Sedekah

Dalam sebuah riwayat, dikisahkan jika salah satu sahabat Rasulullah yaitu Abu Darda r.a pernah berkata kepada para sahabatnya yang lain “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang suatu amalan yang lebih utama dibandingkan dengan sedekah dan menjalankan ibadah puasa?”. Mendengar perkataan salah satu sababat nabi Nabi tersebut, sontak para sahabat langsung serentak mengatakan bahwa mereka mau mengetahui perihal apa yang nilai nya jauh lebih utama dari ibadah Puasa dan juga Sedekah.

Beberapa saat kemudian Abu Darda r.a segera melanjutkan perkataannya “yaitu mendamaikan di antara yang tengah berselisih karena kebencian merupakan penghalang dari mendapatkan pahala.”

Amalan yang Lebih Utama dari Amalan Shalat

Mendamaikan Orang Yang Berselisih Merupakan Amalan yang Lebih Utama Dari Shalat

Perkataan Abu Darda r.a di atas juga dilandasi oleh salah satu hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang artinya “Maukah aku beritahukan kepada kalian suatu amalan yang lebih utama dari derajat mereka yang berpuasa, shalat, dan bersedekah?”

Sontak para sahabat pun langsung menjawab “Tentu wahai Rasulullah.”

Rasul pun segera melanjutkan perkataannya “ (ialah) mendamaikan seseorang yang berselisih. Karena sesungguhnya kerusakan dari perselisihan adalah terhalanginya seseorang dari mendapatkan pahala.”

Selama ini, manusia mengganggap sedekah merupakan aktivitas yang sangat mulia dan juga utama untuk dilakukan. Ketika umat Islam bersedekah dengan tulus dan ikhlas, maka ia akan mendapatkan ganjaran pahala yang sangat besar yaitu sekitar 700 kali lipat dari apa yang disedekahkannya. Tidak hanya itu, orang yang rajin bersedekah juga telah dijamin keselamtannya dari siksa api neraka yang sangat menyiksa. Bahkan, faedah bersedekah sering kali juga sudah kita rasakan ketika kita masih hidup yaitu berupa kemudahan dan kelancaran jalur rezeki, kesehatan tubuh, hilangnya berbagai macam penyakit yang melekat pada tubuh, dan berbagai macam faedah yang lainnya.

Tidak hanya itu, selama ini manusia juga menganggap jika puasa merupakan aktivitas ibadah yang sangat utama karena dapat melatih kesabaran dan juga hawa nafsu. Hal ini memang benar adanya dan banyak didukung oleh hadits – hadits shahi yang menyatakan jika puasa dapat membuat seseorang terbebas dari apni neraka yang ditenggarai oleh hawa nafsu dunia. bahkan, dalam hadits yang lainnya diterangkan juga bahwa berpuasa dapat membuat tubuh manusia menjadi lebih sehat baik di luar maupun di dalam.

Padahal, kenyataannya, di antara dua aktivitas ibadah tersebut, masih ada aktivitas ibadah atau pun amalan lainnya yang jauh lebih utama untuk dikerjakan yaitu mendamaikan setiap perselisihan yang terjadi di sekitar kita. Aktivitas perselisihan akan mendatangkan kebencian, dan kebencian akan menghapus setiap amal perbuatan baik yang telah kita lakukan. Sehingga ketika perselisihan masih berlangsung, maka setiap amalan yang kita lakukan tidak akan bernilai sama sekali.
Itulah amalan yang jauh lebih utama dibandingkan dengan amalan shalat, puasa, dan sedekah. Semoga bermanfaat ya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Adakah Amalan yang Lebih Utama dari Amalan Shalat, Puasa, dan Sedekah?

0 komentar:

Post a Comment