Berita Dunia Islami Masa Kini Update Selalu

loading...
Tuesday, 7 October 2014

Penemu sabun pertama dunia

Penemu konsep sabun pertama dunia adalah ilmuan muslim

  Sabun pada umumnya dipakai seseorang pada ketika mandi. Menggunakan sabun pada ketika mandi amat dianjurkan supaya hilang kuman-kuman yang menempel pada tubuh. Selain demikian, sebelum Kita memulai makan dianjurkan pula agar mencuci tangan dengan sabun . Sabun adalah salah satu kebutuhan penting bagi kita.Tapi taukah anda siapa penemu sabun pertama didunia ? Mungkin artikel dibawah ini bisa menjawab apa yang terlintas dipikran anda.

Penemu sabun pertama dunia

Salah satu penemuan berharga lainnya yang dicapai umat Islam pada periode keemasannya yaitu sabun. Semenjak abad ke-7 M, umat Muslim sudah menciptakan suatu cara hidup higienis yang mutakhir.

Berdasarkan Ahmad Y Al-Hassan dalam bukunya berjudul, Technology Transfer in the Chemical Industries, kota-kota Islam semacam Nablus (Palestina), Kufah dan Basrah (Irak) telah memerankan sentra industri sabun.

“Sabun yang kita kenal hari ini merupakan warisan dari peradaban Islam,” papar Al-Hassan. Berdasarkan Al-Hassan, sabun yang terbuat melalui minyak sayuran, misalnya minyak zaitun beserta minyak aroma, mula-mula sekali diproduksi para kimiawan Muslim pada era kekhalifahan. Salah seorang sarjana Muslim yang sudah dapat menciptakan formula sabun ialah Al-Razi, ahli kimia dari Persia.

"Sampai sekarang, formula untuk membikin sabun tidak pernah berubah,” cetus Al-Hassan. Sabun yang dicipta umat Muslim pada zaman kejayaan telah memanfaatkan pewarna dan pewangi. Selain tersebut, ada sabun cair dan ada pula sabun batangan. Terlebih-lebih, di masa tersebut telah tercipta sabun khusus buat mencukur kumis dan janggut.

Selain demikian, resep pembentukan sabun yang komplit tercatat di dalam salah satu risalah bertarikh abad 13 M. Manuskrip tersebut mencantumkan secara terang serta detail metode pembentukan sabun. Bukti ini menampakkan betapa kehidupan Islam sudah jauh lebih maju dibandingkan peradaban Barat. Masyarakat Barat, terutama Eropa, diperkirakan baru mengetahui pembuatan sabun pada abad ke-16 M.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penemu sabun pertama dunia

0 komentar:

Post a Comment