Berita Dunia Islami Masa Kini Update Selalu

loading...
Tuesday, 7 October 2014

Penemu mesin robot pertama dunia

Penemu mesin robot pertama dunia adalah ilmuan muslim

Al Jazari (1136-1206) menciptakan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang akhirnya diketahui sebagai mesin robot. Al Jazari adalah seorang tokoh besar dalam bagian mekanik dan industri di abad ke-12. Lahir dari Al Jazira, yang berada diantara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara Sungai Tigris dan Efrat. Al-Jazari adalah pakar teknik yang luar biasa di masanya.

Penemu mesin robot pertama dunia

Identitas detailnya ialah Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari beliau tinggal di Diyar Bakir, Turki, selama abad kedua belas. Al-Jazari memperoleh julukan selaku Bapak Modern Engineering berkat temuan-temuannya yang beragam mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern masa kini, diantaranya combustion engine, crankshaft, suction pump, programmable automation, dan lainnya.

Beliau merupakan penyusun / penyusun Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pendidikan Ilmu Mekanik) tahun 1206. Beliau mendokumentasikan lebih dari 50 karya temuannya, komplit dengan rincian gambar-gambarnya, Bukunya ini berisi masalah teori serta praktik mekanik. Karyanya tersebut paling beda dengan karya ilmuwan yang lain, dikarenakan dengan piawainya Al-Jazari membeberkan secara details perihal yang terhubung dengan mekanika. Dan ialah kontribusi yang paling bernilai dalam sejarah teknik.

Donald Routledge di dalam bukunya Studies in Medieval Islamic Technology, mengatakan bahwa sampai zaman modern ini, tidak satupun dari sebuah kebudayaan yang mampu menandingi detailnya instruksi buat merancang, memproduksi serta menyusun beragam mesin seperti yang disusun oleh Al-Jazari.
Baca juga:
Penemu konsep pesawat terbang pertama di dunia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penemu mesin robot pertama dunia

0 komentar:

Post a Comment